Jumat, 27 November 2015

Cara Anda (Hampir) Pasti Diterima oleh Sekolah Pilot

Ada 4 syarat utama untuk jadi pilot:
  • Dana (karena sekolah pilot mahal, 700 juta – 1 M)
  • Otak (logika dan bahasa inggris HARUS bisa!)
  • Sehat dan badan ideal
  • kompetisi (karena bukan cuma Anda yang mau jadi pilot)

DANA

Penghalang utama seseorang untuk menjadi pilot biasanya masalah dana. Yes, sekolah pilot mahal karena memang gaji yang didapat itu sesuai begitu Anda sudah menjabat sebagai captain.
Jangan percaya sama satu sekolah pilot tertentu yang iklan bilang “Gaji 30+ begitu lulus sekolah”. Itu Bull Shit!
Kalo gak punya dana gimana? Disini sudah saya bahas lengkap.
Intinya: Saat ini TIDAK ada beasiswa/bayar setelah kerja untuk menjadi pilot. Yang ada hanya sistem pinjaman (loan) yang harus dibayar begitu Anda mulai sekolah

OTAK

Profesi pilot bukan untuk semua orang. Anda HARUS punya logika dan kemampuan bahasa inggris yang cukup baik. Tingkatkan kemampuan Anda sebelum mengikuti test di sekolah pilot manapun.
Ingat, biaya test di sekolah pilot rata-rata Rp 7-13 juta. Jika Anda gagal test, biaya tersebut TIDAK bisa dikembalikan, so prepare yourself.

SEHAT & BADAN IDEAL

Sehat maksudnya sehat secara jasmani dan rohani (kejiwaan). Salah satu test yang akan Anda jalani saat test masuk sekolah pilot adalah test MEDEX, meliputi mata, pendengaran, gigi, jantung, dll (baca artikel MEDEX untuk detailnya). Jagalah kesehatan Anda sejak dini
FAQ:
Saya pernah jatuh/ada bekas luka/pernah patah tulang/pendengaran kurang/asma/tatoo/ bisa lolos gak ya?
Untuk masalah kesehatan, yang menentukan dokter di Balai Kesehatan Penerbang (HATPEN) so mending ikut MEDEX dulu aja biar tau pasti.
Selain sehat, badan Anda juga harus ideal (tinggi vs. berat badan). Cek disini untuk tau apakah Body Mass Anda ideal atau tidak.
BMI ideal adalah 20 – 25

Kompetisi

Sudah saya jelaskan diatas, profesi pilot bukan untuk semua orang. Banyak yang MAU jadi pilot tapi gak banyak yang MAMPU untuk jadi pilot.
Maka dari itu tiap sekolah biasanya ada test seleksi masuk untuk memisahkan orang yang sekedar MAU dan yang MAMPU. Bahkan di sekolah tertentu, ada ratusan orang yang daftar sehingga kompetisi nya jadi berat.
Persiapkan diri Anda sedini mungkin, jangan cengeng minta sekolah yang ikutin standar kamu. Tingkatkan kemampuan kamu biar kamu bisa memenuhi standar sekolah!
Sedikit tips tambahan yang berguna biar Anda tetap bisa mewujudkan cita cita untuk menjadi pilot:
1. Daftar saja di beberapa sekolah pilot yang berbeda!
Kalo Anda hanya mendaftar di satu sekolah pilot, peluang Anda tipis. Tapi jika Anda mendaftar ke beberapa sekolah, kemungkinan Anda diterima akan semakin tinggi.
Di homepage, saya telah menyajikan 16 sekolah pilot terbaik yang saya temukan. Pastikan Anda mendaftar di banyak sekolah!
2. ‘Jualah diri Anda’
Tolong jangan disalah artikan. Maksud saya di sini adalah Anda harus menunjukan bahwa Anda adalah kandidat yang lebih layak untuk diterima.
Caranya: Jika Anda pernah berprestasi di bidang-bidang tertentu, lampirkan juga piagam-piagam penghargaan yang Anda punya.
Percaya atau tidak, jika Anda hanya melampirkan ‘hal-hal standard’ seperti KTP, Legalisir rapot, dkk, peluang Anda kecil.
3. Follow up formulir pendaftaran Anda
Pernahkan Anda menfollow up formulir pendaftaran yang telah Anda kirimkan? Biasanya banyak orang sungkan atau takut melakukan ini. Tapi pernahkah Anda berpikir, “Apakah formulir pendaftaran yang Anda kirimkan benar-benar sampai?”
Kalo formulir pendaftaran yang Anda kirimkan gak sampai, gimana caranya Anda bisa lulus?
Telepon paling habis beberapa ribu rupiah,, so kenapa gak coba ditelepon?

Wish you best of luck my friends!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar