Pengetahuan Lengkap kali ini akan membahas tentang pesawat terbang.
Pesat terbang adalah alat transportasi yang sangat efektif sekali untuk
menjangkau wilayah yang sangat jauh. Berikut ini Pengetahuan Lengkap
merangkumkan tipe-tipe pesawat terbang;
AB3 : A300b Airbus
Pesawat A300 merupakan pesawat badan lebar bermesin ganda pertama di
dunia. Dia menginspirasikan Boeing seperti Boeing 767 dan 777 dan
membuat jalan untuk penerbangan ETOPS. Pesawat jet ini terbang perdana
untuk maskapai Perancis, Air France. Inovasi ini menandakan awal
kesuksesan Airbus sebagai perusahaan pembuat pesawat kelas dunia.
Mengetahui kesuksesan A300, Boeing meluncurkan Boeing 767, yang juga
sukses di pasaran. Pada masa awal produksi, Airbus mengalami kesulitan
untuk menjual A300, namun, seiring berjalannya waktu, pesawat ini mulai
populer dan dibeli banyak maskapai-maskapai kelas dunia, terutama di
Eropa dan Asia. Maskapai di Asia (dan sebagian Eropa) umumnya
memanfaatkan A300 untuk penerbangan domestik dengan kepadatan tinggi
atau penerbangan internasional jarak sedang.
B11 : BAC 11
BAC 1-11 merupakan sebuah pesawat yang dibuat oleh British Aircraft
Corporation. Pesawat ini dahulu merupakan sebuah pesawat paling populer
di dunia untuk waktu yang lama. BAC 1-11 pertama kali mengudara pada
1963. Hingga sekarang ini sudah tidak diproduksi lagi. Pesawat ini mulai
diproduksi pada tahun 1963 hingga 1982. Jumlah produksinya adalah 244.
Douglas DC (dari DC-8,9,10 hingga DC-9-30,40,50,80 Series)
Douglas meluncurkan proyek pengembangan DC-9 pada bulan April 1963, yang
mengarahkan DC-9 sebagai pesawat jarak pendek untuk menjadi pendamping
DC-8, pesawat empat mesin yang lebih besar. Tidak seperti pesaingnya,
Boeing 727, yang menggunakan banyak komponen dari Boeing 707, DC-9
merupakan desain baru, menggunakan dua mesin turbofan Pratt &
Whitney JT8D di fuselage belakang dan menjadi pesawat ekor T yang kecil
dengan sayap efisien. Dalam konfigurasi yang umum digunakan, keluarga
DC-9 lebih sering menggulakan susunan kursi 5 kolom daripada susunan 6
kolom yang biasa digunakan pesawat lain.
Prototipe dari DC-9 terbang pada bulan Februari 1965 digunakan pertamakali oleh Delta Air Lines pada tahun yang sama. Pesawat ini merupakan pesawat kelas menengah yang sukses dibagun sebanyak 976 pesawat hingga produksinya diakhiri pada tahun 1982. Pada tahun 1980 diperkenalkan seri MD-80 (DC-9-80) yang merupakan DC-9-50 yang diperpanjang dengan maximum take-off weight (MTOW) yang lebih besar dan kemampuan membawa bahan bakar lebih banyak. Seri MD-80 dikembangkan menjadi seri MD-90 yang dikembangkan pada awal 1990. Varian terkhirnya adalah MD-95 yang namanya diubah menjadi Boeing 717-200 setelah McDonell Douglas merger dengan Boeing pada tahun 1997.
Keluarga DC-9 merupakan salah satu pesawat yang berumur panjang dalam sejarah operasionalnya.Operator Northwest Airlines masih mengoperasikan armada DC-9 dalam jumlah besar, sebagian berusia lebih dari 30 tahun. Sebagian besar pesawat tersebut diserahkan kepada anak perusahaan Northwest, Republic Airlines pada tahun 1985, dan secara perlahan digantikan oleh pesawat yang lebih modern seperti Canadair Regional Jet. Reputasinya masih kuat pada awal abad 21. Dengan total penjualan lebih dari 2400 unit, keluarga DC-9 menjadi salah satu pesawat paling sukses, pada rangking ketiga setelah Airbus A320 (lebih dari 3700 unit), dan Boeing 737 (lebih dari 6000).
Prototipe dari DC-9 terbang pada bulan Februari 1965 digunakan pertamakali oleh Delta Air Lines pada tahun yang sama. Pesawat ini merupakan pesawat kelas menengah yang sukses dibagun sebanyak 976 pesawat hingga produksinya diakhiri pada tahun 1982. Pada tahun 1980 diperkenalkan seri MD-80 (DC-9-80) yang merupakan DC-9-50 yang diperpanjang dengan maximum take-off weight (MTOW) yang lebih besar dan kemampuan membawa bahan bakar lebih banyak. Seri MD-80 dikembangkan menjadi seri MD-90 yang dikembangkan pada awal 1990. Varian terkhirnya adalah MD-95 yang namanya diubah menjadi Boeing 717-200 setelah McDonell Douglas merger dengan Boeing pada tahun 1997.
Keluarga DC-9 merupakan salah satu pesawat yang berumur panjang dalam sejarah operasionalnya.Operator Northwest Airlines masih mengoperasikan armada DC-9 dalam jumlah besar, sebagian berusia lebih dari 30 tahun. Sebagian besar pesawat tersebut diserahkan kepada anak perusahaan Northwest, Republic Airlines pada tahun 1985, dan secara perlahan digantikan oleh pesawat yang lebih modern seperti Canadair Regional Jet. Reputasinya masih kuat pada awal abad 21. Dengan total penjualan lebih dari 2400 unit, keluarga DC-9 menjadi salah satu pesawat paling sukses, pada rangking ketiga setelah Airbus A320 (lebih dari 3700 unit), dan Boeing 737 (lebih dari 6000).
DH7 : De Havilland Canada DHC-7
De Havilland Canada Dash 7 merupakan sebuah pesawat yang dibuat oleh de
Havilland Canada. Pesawat ini dahulu merupakan pesawat paling populer di
dunia untuk waktu yang lama. Dash 7 pertama kali mengudara pada 1975.
Hingga sekarang ini sudah tidak diproduksi lagi. Pesawat ini mulai
diproduksi pada tahun 1975 hingga 1988. Jumlah produksinya adalah 113.
EM B : Embraer EMD 110 Bandeirante
Embraer EMB 110 Bandeirante merupakan sebuah pesawat yang dibuat oleh
Embraer. Pesawat ini dahulu merupakan pesawat paling populer di dunia
untuk jangka waktu yang lama. Embraer EMB 110 Bandeirante pertama kali
mengudara pada 1968. Hingga sekarang ini sudah tidak diproduksi lagi.
Pesawat ini mulai diproduksi pada tahun 1968 hingga 1990. Jumlah
produksinya adalah 500.
F28 : Fokker Fellowship F-27
Diluncurkan oleh Fokker tahun 1962, pesawat ini merupakan hasil kerja
dari aliansi yang terdiri dari Fokker dari Belanda, MBB dan Fokker-VFW
dari Jerman serta Short Brother dari Inggris. Selain itu, pemerintah
beberapa negara juga ikut menanamkan modal dengan pemerintah Belanda
yang memegang 50% saham Fokker dan pemerintah Jerman yang memiliki 60%
dan 35% saham dari masing-masing perusahaan asal Jerman. Dalam proses
produksi, Fokker bertanggung jawab dalam desain dan perakitan hidung
pesawat, badan pesawat tengah dan bagian dalam sayap. Perusahaan Jerman
bertugas mendesain dan membangun badan pesawat bagian depan, belakang
serta ekor pesawat. Short Brother sendiri mendesain dan merakit bagian
luar dari sayap.
Perakitan Fokker F28 dilakukan di Bandara Internasional Schipol di Amsterdam, Belanda.
Prototipe pertama yang berkode PH-JHG, melakukan penerbangan perdananya pada tanggal 9 Mei 1967 dan mendapatkan sertifikasi pada tanggal 24 Februari 1969. Pesanan pertama datang dari maskapai penerbangan Jerman LTU, namun penggunanya adalah Braathens yang sampai pada tanggal 28 Maret 1969 mengoperasikan 5 pesawat jenis ini. Desain pesawat yang memiliki ekor berbentuk T dengan dua mesin Rolls-Royce Spey 550 di badan pesawat bagian belakang menjadikan pesawat ini mirip dengan pesaingnya, BAC 1-11 dan DC-9. Fokker-28 mampu mengangkut penumpang sampai dengan 65 orang.
Sebanyak 241 pesawat berhasil diluncurkan ke pasaran sampai pada produksi terakhirnya tahun 1987. Model awal, "-1000" yang mirip dengan model "-2000" memiliki lebar badan pesawat sekitar 2,17 meter. Model "dash 2000" melakukan penerbangan perdana pada tanggal 28 April 1971 dengan kapasitas penumpang maksimum 79 orang.
Perakitan Fokker F28 dilakukan di Bandara Internasional Schipol di Amsterdam, Belanda.
Prototipe pertama yang berkode PH-JHG, melakukan penerbangan perdananya pada tanggal 9 Mei 1967 dan mendapatkan sertifikasi pada tanggal 24 Februari 1969. Pesanan pertama datang dari maskapai penerbangan Jerman LTU, namun penggunanya adalah Braathens yang sampai pada tanggal 28 Maret 1969 mengoperasikan 5 pesawat jenis ini. Desain pesawat yang memiliki ekor berbentuk T dengan dua mesin Rolls-Royce Spey 550 di badan pesawat bagian belakang menjadikan pesawat ini mirip dengan pesaingnya, BAC 1-11 dan DC-9. Fokker-28 mampu mengangkut penumpang sampai dengan 65 orang.
Sebanyak 241 pesawat berhasil diluncurkan ke pasaran sampai pada produksi terakhirnya tahun 1987. Model awal, "-1000" yang mirip dengan model "-2000" memiliki lebar badan pesawat sekitar 2,17 meter. Model "dash 2000" melakukan penerbangan perdana pada tanggal 28 April 1971 dengan kapasitas penumpang maksimum 79 orang.
F27 : Fokker Friendship F-27
Fokker F27 'Friendship' merupakan sebuah pesawat turboprop didesain dan
dibuat oleh perusahaan pesawat terbang Belanda, Fokker.Model Fokker F27
dimulai pada 1950-an sebagai pengganti pesawat yang sukses, DC-3.
Produksi menilai konfigurasi nomor tidak sama sebelum akhirnya
memutuskan sayap besar mesin rancangan kembar Rolls-Royce Dart serta
kabin tekanan udara untuk 28 penumpang.
FK7 : Fairchild Hiller FH 227
Fairchild adalah perusahaan manufaktur pesawat dan kedirgantaraan yang
berbasis di Farmingdale, New York. Setelah pengambilalihan perusahaan
dari Dornier aset sipil pada tahun 1996, perusahaan ini berganti nama
menjadi Fairchild Dornier. Perusahaan memulai produksi Dornier 328 pada
tahun 1998 di bawah lisensi dari Daimler Benz Aerospace.
Desember 1999, Fairchild Aerospace Corporation diakuisisi oleh perusahaan asuransi Jerman Allianz AG dan Amerika Serikat investasi group Clayton, Dubilier & Rice Inc. sebesar $ 1,2 miliar. Pada tahun 2002-2003, perusahaan ini diambil alih oleh M7 Aerospace.
Desember 1999, Fairchild Aerospace Corporation diakuisisi oleh perusahaan asuransi Jerman Allianz AG dan Amerika Serikat investasi group Clayton, Dubilier & Rice Inc. sebesar $ 1,2 miliar. Pada tahun 2002-2003, perusahaan ini diambil alih oleh M7 Aerospace.
HS7 : Hawker Siddeley 748
Hawker Siddeley HS 748 adalah pesawat turboprop yang diproduksi oleh Avro dari Britania Raya pada akhir 1950-an.
L10 : Lockheed 1001 Tri-Star
Lockheed L-1011 TriStar merupakan sebuah pesawat sayap rendah (low wing)
yang dibuat oleh Lockheed Corporation. Pesawat ini dahulu merupakan
pesawat paling populer di dunia untuk waktu yang lama. L-1011 pertama
kali mengudara pada 1970. Hingga sekarang ini sudah tidak diproduksi
lagi. Pesawat ini mulai diproduksi pada tahun 1968 hingga 1984. Jumlah
produksinya adalah 250.
ND2 : Nord 262
Merupakan pesawat tempur yang digunakan pada perang dunia ke-2
SSC : Supersonic Concorde
Concorde adalah sebuah pesawat terbang supersonik sayap delta yang
merupakan satu dari dua jenis pesawat penumpang supersonik yang pernah
melayani jalur transportasi secara komersial. Pesawat supersonik lainnya
tersebut adalah Tupolev Tu-144 milik Rusia yang juga ditengarai adalah
hasil spionase dari Concorde.
Concorde memiliki kecepatan jelajah 2,04 Mach (kecepatan suara) dan ketinggian terbang hingga 60.000 kaki (17.700 meter) dengan konfigurasi sayap delta dan evolusi mesin yang dilengkapi dengan mesin jet afterburner awalnya dikembangkan untuk pesawat pengebom strategis (bomber) Avro Vulcan.Penerbangan komersial yang dioperasikan oleh British Airways dan Air France ini dimulai pada 21 Januari 1976 dan berakhir pada 24 Oktober 2003, dengan penerbangan terakhir pada 26 November tahun yang sama.
Concorde memiliki kecepatan jelajah 2,04 Mach (kecepatan suara) dan ketinggian terbang hingga 60.000 kaki (17.700 meter) dengan konfigurasi sayap delta dan evolusi mesin yang dilengkapi dengan mesin jet afterburner awalnya dikembangkan untuk pesawat pengebom strategis (bomber) Avro Vulcan.Penerbangan komersial yang dioperasikan oleh British Airways dan Air France ini dimulai pada 21 Januari 1976 dan berakhir pada 24 Oktober 2003, dengan penerbangan terakhir pada 26 November tahun yang sama.
TRD : Hawker Siddeley Trident
Hawker Siddeley Trident merupakan sebuah pesawat yang dibuat oleh Hawker
Siddeley. Pesawat ini dahulu merupakan pesawat paling populer di dunia
untuk jangka waktu yang lama. Hawker Siddeley Trident pertama kali
mengudara pada 1964. Hingga sekarang ini sudah tidak diproduksi lagi.
Pesawat ini mulai diproduksi pada tahun 1964 hingga dipensiunkan pada
pertengahan 1980-an. Jumlah produksinya adalah 117.
B-707 : Boeing 707
Boeing 707 merupakan pesawat jet penumpang sipil (airliner) perdagangan
bermesin empat yang dibuat oleh Boeing pada awal tahun 1950-an. Walaupun
pesawat ini bukan merupakan pesawat jet yang pertama di dunia, Boeing
707 merupakan yang pertama berhasil dari segi perdagangan, dan merupakan
pesawat penumpang Boeing pertama dari varian 7x7. Keberhasilan pesawat
penumpang jet bisa dikatakan kepada penggunaan bahan bakar yang ekonomis
- 707 mampu bekerja 5 kali lipat daripada pesawat penumpang bermesin
piston seperti Douglas DC-6 dengan hanya dua ganda biaya.
Source : Gambar dan penjelasan : wikipedia.org
Tidak ada komentar:
Posting Komentar