Jika Anda TIDAK ingin:

1. Kecewa dengan sekolah pilot yang Anda pilih

2. Membuang uang Anda sebanyak sekitar Rp 600 juta secara percuma

3. Jadi pengangguran setelah lulus sekolah pilot

Berikut 5 pertanyaan yang WAJIB Anda tanyakan ke sekolah pilot yang ingin Anda tuju:
Private_Airport1. Apa sekolah tersebut punya airport sendiri?
Sekolah pilot yang airportnya berbagi dengan commercial airport pasti akan sangat terganggu jadwal latihan terbangnya.Bagaimana tidak, pengelola bandara pasti mementingkan pesawat commercial daripada pesawat latihan. Tidak heran, jadwal latian Anda (dan teman-teman yang lainnya) terganggu. Kalo sudah begini, Anda mana bisa lulus tepat waktu!
Ada hal lain yang tidak kalah pentingnya, jika sekolah tersebut airportnya berbagi dengan commercial airport, ‘jam terbang’ yang Anda dapatkan sebenarnya tidak utuh ‘jam terbang’.
Saya yakin tidak ada yang pernah memberi tau Anda hal ini: Perhitungan jam terbang yang Anda dapatkan dihitung dari saat Anda menghidupkan mesin pesawat. Bayangkan jika Anda telah menghidupkan mesin, tapi saat Anda mau take off, Anda disuruh menunggu sampai pesawat commercial lainnya selesai take off atau landing. Pertanyaannya, berapa banyak ‘jam terbang’ Anda yang jadi sia-sia?
Jika Anda kurang jam terbang, Anda akan susah dapat kerja karena nantinya, dimanapun Anda mengirim lamaran Anda, Anda pasti akan dites kemampuan menerbangkan pesawat. Disini akan terlihat kalo Anda kurang pengalaman!
So PASTIKAN Anda memilih sekolah yang punya airport sendiri!
Jam_Terbang2. Berapa jam terbang yang akan Anda dapatkan?
Nah melanjutkan point pertama tadi. Sudah jelas bahwa jam terbang sangat penting, masalahnya sekolah pilot kadang tidak memberitahukan hal ini kalo Anda tidak menanyakannya langsung.
Pilihlah sekolah dengan jam terbang yang tinggi agar Anda benar-benar terlatih dalam menerbangkan pesawat.
3. Berapa banyak pesawat latihnya?
Gimana mau terbang kalo pesawat cuma 5 tapi yang ngantri terbang 50 orang? Ini salah satu alasan mengapa banyak cadet telat lulusnya. Mau terbang pesawatnya mesti ngantri (eh udah mau terbang, nungguin pesawat commercial lalu lalang pula :PNormalnya, 1 pesawat digunakan oleh 5 orang siswa so waktu nunggunya jadi lebih effisien.
pilot_instructor4. Profil instruktur nya gimana?
Mungkin Anda berpikir ‘Apa perlu saya menanyakan hal ini?’ Well perlu banget karena di sebagian sekolah pilot, mereka memperkerjakan pilot lulusan mereka sendiri yang baru punya jam terbang yang minim (mungkin karena bayarannya lebih murah kali ya?).Carilah sekolah yang punya instruktur diatas 1000jam (lebih bagus lagi kalo bisa diatas 2000jam) karena mereka punya cukup pengalaman untuk mengajar.
5. Apakah mereka menyediakan lisensi MER?
Apa itu MER? MER adalah Multi Engine Rating, merupakan lisensi setingkat diatas IR.Gini, standarnya untuk jadi seorang calon pilot Anda membutuhkan lisensi PPL, CPL, dan IRNamun sekarang airline (baik lokal maupun luar negeri) lebih suka pilot yang sudah punya lisensi MER karena sudah lebih siap kerja.
 _____

Dengan menanyakan kelima pertanyaan di atas, Anda bisa mengenali mana sekolah pilot yang bagus dan mana yang tidak. Jangan terbuai cuma karena iming-iming harga yang murah. Be smart guys!

Data sekolah pilot yang ada di Indonesia

Oke! Berikut beberapa sekolah penerbangan dan data-datanya:
No Sekolah Punya Bandara? Jam Terbang # Aircraft ada MER? Note
#1 All Asia Aviaton Academy Ya 220 15 Yes Anda bisa lulus kurang dari 1 tahun dan biaya sekolah cukup murah
2 Bali International Flight Academy (BIFA) Ya 160 5  Yes Punya kerja sama dengan Garuda Indonesia namun proses seleksi sangat ketat.
3 STPI Curug Ya 160 64 No Sekolah penerbangan Negeri. Proses seleksi sangat ketat, hanya 20 siswa diterima tiap tahunnya
4 ATKP Surabaya Ya  No data No data  No Sekolah penerbangan negeri. Biaya pendidikan terjangkau namun proses seleksi cukup ribet
5 Bandung Pilot Academy Tidak 160 16 No Biaya pendidikannya mahal dan instrukturnya masih sedikit
6 Alfa Flying School Tidak No data 11  No
7 Deraya Flying School Tidak 180 8  Yes Biaya pendidikannya mahal. Paket PPL, CPL, IR, dan MER biayanya Rp 950 juta
8 Nusa Flying School Tidak 160 6  No Bekerjasama dengan maskapai penerbangan Lion Air
9 Aero Flyer Institute Tidak 160 8  No Biaya tinggi dan pesawat latih masih sedikit
10 Proflight Pilot School Tidak 160 8  No Proses seleksi panjang dan siswa yang diterima hanya 12 orang tiap batch nya.
11 Dirgantara Pilot School Tidak 160 2  No Biaya pendidikan terlalu tinggi untuk sekolah pilot yang baru dibangun
12 President Flight School Tidak 200 40 Yes Pelatihan dilaksanakan di Florida, USA. Biaya hidup tinggi
Ada pertanyaan? Saya siap membantu Anda! Silakan bertanya disini.
Bagi Anda yang merasa tulisan saya ini bermanfaat, semoga Anda berkenan untuk menshare/like, atao\u plus tulisan saya ini.
Share